KPU Antisipasi Perjokian Tes Tertulis Calon PPK

0

REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang mengantisipasi tindak perjokian pada saat tes tertulis calon anggota PPK untuk Pilkada 2015. Antisipasi itu setelah KPU mengumumkan hasil seleksi administrasi yang diumumkan pada Kamis (30/4/2015) ini.

“Jumlah pendaftar PPK Pilkada 2015 sebanyak 435 orang. Dari jumlah tersebut, ada 24 pendaftar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat, di antaranya karena belum genap berusia 25 tahun dan pernah menjadi anggota PPK dua kali periode,” ungkap Ketua KPU Rembang Minanus Suud.

Syarat sebagai PPK antara lain mesti lulusan minimal SLTA atau sederajat, berusia 25 tahun, dan tidak pernah menjabat sebagai PPK pada dua kali periode. Periode yang dimaksud adalah pada rentang tahun 2005-2009 dan 2010-2014.

“Terhadap hasil seleksi administrasi calon anggota PPK, kami mengumumkannya di kantor-kantor kecamatan, selain di kantor KPU sendiri. Pengumuman itu juga berlaku sebagai undangan untuk mengikuti seleksi tertulis yang akan digelar di Pendapa Museum Kartini, Sabtu 2 Mei nanti,” katanya.

Ketua KPU mewanti-wanti kepada para peserta seleksi tertulis untuk berpakaian rapi dan bersepatu serta membawa alas dan alat tulis. Sementara tindak perjokian diantisipasi dengan mewajibkan peserta membawa kartu tanda penduduk atau KTP.

“Kami ingatkan pula bagi peserta agar membawa berkas nomor pendaftaran. Menurut rencana, tes tertulis akan digelar mulai pukul 09.00 WIB, tetapi peserta wajib hadir pukul 08.00 WIB untuk melakukan registrasi dan persiapan,” terangnya tanpa menyebutkan berapa lama waktu seleksi tertulis.

Hasil seleksi tertulis rencananya diumumkan pada 4 Mei nanti. Tiap kecamatan akan diambil masing-masing 10 orang. Mereka ini berhak untuk diseleksi terakhir dengan wawancara. Hasil tes wawancara sendiri rencananya diumumkan pada rentang tanggal 4-8 Mei mendatang.

Melalui wawancara akan diumumkan lima orang calon anggota PPK terpilih di tiap kecamatan. Pelantikan PPK untuk Pilkada Rembang tahun 2015 akan dilakukan secara serentak pada 11 Mei mendatang.

Leave A Reply