Integritas Kunci Sukses Penyelenggara Pemilu

0

Rembang-Pasca Pilkada Serentak Tahun 2020, KPU Kabupaen Rembang terus berkomitmen untuk menjaga integritas sebagai Penyelenggara Pemilu. Guna mewujudkannya,  Semua Anggota dan Sekretariat KPU Kabupaten Rembang mengikuti kegiatan Rabu Ingin Tahu dengan tema “Kode Etik Penyelenggara Pemilu” yang diadakan oleh KPU Provinsi Jawa Tengah pada 19 Mei 2021 via daring.

Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Sudrajat, S.Sos, M.I.Kom. Dilanjutkan dengan paparan dari dua Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah yakni, M. Taufiqurrahman, ST  yang membidangi bidang SDM dan Litbang dan Paulus Widiyantoro, SE, MM  yang konsen pada Divisi Data dan Informasi.

Untuk mewujudkan intergitas Penyelenggara Pemilu, tidak semudah membalikan telapak tangan. Senada dengan yang disampaikan M. Taufiqurrahman, ST  bahwa secara regulasi kode etik Penyelenggara Pemilu telah terangkum dalam Undang-Undang 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, namun pada Data  Pemilu 2019 dan Pilkada 2020 terdapat empat aduan yang dilayangkan pada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu.

Anggota Divisi SDM tersebut menyampaikan faktor yang pendorong pelanggaran kode etik yakni, terkadang regulasi Kode Etik tidak dibaca dan dipahami secara komprehensif. “Bila melanggar hukum pasti melanggar kode etik, namun jika melanggar kode etik belum tentu melanggar hukum  sehingga pemahaman kode etik ini maknanya luas” ujarnya.

Sama halnya  Paulus Widiyantoro, SE, MM menekankan pada pemahaman regulasi utamanya pada UU 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,  “Pahami regulasi jangan membuat tafsiran sendiri, selain itu setiap langkah dan ucapan harus  kita sadari”, tegasnya.

Maka pada kesimpulannya, sikap optimistis untuk mewujudkan Penyelenggaraan Pemilu yang berintegritas harus tertanam dalam diri setiap elemen Penyelenggara Pemilu dari mulai KPU hingga KPPS. Untuk itu, langkah praktis yang bisa dilakukan dengan bersama-sama memahami regulasi penyelenggaraan pemilu secara menyeluruh. Niscaya, kepercayaan publik kepada KPU sebagai Penyelenggara Pemilu akan meningkat pada Pemilu 2024 nanti.

 

Humas KPU Rembang

 

Leave A Reply