Pendidikan Pemilih Disabilitas

0

Rembang, Bertempat di Kedai Pemilu KPU Kabupaten Rembang, KPU Kabupaten Rembang Selasa (11/4) menyelenggarakan kegiatan pendidikan pemilih untuk kelompok disabilitas. Kegiatan sosialisasi ini bekerjasama dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) Kabupaten Rembang sebagai koordinator kelompok disabilitas di Kabupaten Rembang dalam rangka meningkatkan peran-serta kelompok disabilitas dalam meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilu khususnya pemilih kelompok disabilitas.

Dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Kabupaten Rembang Minanus Su’ud, acara dengan format seminar ini dihadiri 22 orang perwakilan kelompok disabilitas dan menghadirkan narasumber Ir Dwi Wahyuni Hariyati MM, Kepala Dinsos PPKB Kabupaten Rembang dan Subandi, aktifis difabel dari Kaliori.

Dalam acara yang penuh semangat dan gayeng ini Dwi Wahyuni menyampaikan beberapa hal tentang hak-hak kaum difabel dalam kehidupan bermasyarakat sesuai UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bahwa setiap orang berhak bebas dari perlakuan yang bersifat diskriminatif atas dasar apapun dan berhak mendapatkan perlindungan terhadap perlakuan yang bersifat diskriminatif. Dalam konteks Pemilu, kelompok difabel tidak hanya harus menggunakan hak pilih saja, tapi juga harus berusaha berperperan aktif dalam penyelenggaraan Pemilu.

Sedangkan Subandi, aktifis difabel sekaligus koordinator National Paralympic Committee di Rembang memotivasi rekan-rekan sesama penyandang disabilitas untuk selalu tampil percaya diri dan berperan aktif dalam kegiatan kepemiluan.

Leave A Reply