Sinergi Bakohumas KPU dan Kominfo Tangkal Hoax

0

Rembang-Sinergi dan koordinasi menjadi kunci KPU dalam menyampaikan Informasi Kepemiluan kepada masyarakat dari maraknya berita hoax. Pengemasan informasi tersebut harus dipublikasikan dengan cara yang kreatif dan dikemas dengan menarik agar masyarakat mampu menyerap informasi dengan baik dan terhindar dari kabar bohong atau hoax.

Senada dengan yang disampaikan Ketua KPU RI, Ilham Saputra  saat membuka acara Rapat Koordinasi Bakohumas pada Selasa, 4 Mei 2021. Rakor tersebut mengahadirkan beberapa narasumber  yakni, Bambang Gunawan selaku Plt. Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Informasi Publik, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik di Kementrian Komunikasi dan Informasi Publik dan Ferry Kurnia Rizkiyansyah selaku Direktur Eksekutif Negrit, dan Endah Tri Haryani selaku Kepala Bidang Pemberitaan TVRI Nasional.

Pada paparannya Bambang Gunawan menegaskan bahwa media digital tidak bisa dilepaskan dari proses pemberian informasi kepada masyarakat. “Kini kita sedang berada pada era post truth era  yakni filter bubble yang artinya berita yang diulang-ulang namun belum tentu kebenarannya, untuk itu sebagai lembaga pemerintahan kita perlu resposible proactive dalam melakukan pemberian informasi publik” ujar Bambang.

Dari segi kelembagaan, sebagai Direktur  Eksekutif Negrit  atau Lembaga Pemantau Pemilu memberikan rekomendasi kepada KPU bahwa sebagai Lembaga Penyelenggara Pemilu harus meletakkan Humas pada fungsi strategis. “Kelembagaan Humas harus bendiri sendiri bersama dengan Teknis dan Hupmas serta terstruktur dan rapi. Selain itu juga KPU perlu meningkatkan kemampuan SDMnya dalam bidang kehumasan pada konteks era digital”, pungkasnya.

Sementara dari segi praksisnya, Endang menyampaikan bahwa humas mengemban tugas yang penting dalam sebuah lembaga. “Seorang Humas tidak hanya sekedar menyampaikan press release tapi harus mampu menyampaikan informasi publik yang menarik dan meyakinkan masyarakat”, ujarnya.

Pada kesimpulannya, semua narasumber sepakat bahwa pada era digital citra lembaga sangat ditentukan oleh humasnya. Sebab Humas tidak hanya memegang peranan untuk menyampaikan informasi publik saja, tapi memiliki tantangan harus dapat mengemasi informasi publik secara menarik, massif  dan dapat dipercaya oleh masyarakat.

 

Humas KPU Rembang

 

Leave A Reply